JENIS – JENIS VALVE
1. Sede Valve (SV)
· Katub ditempatkan disamping ruang bakar. Akibatnya ruang bakar menjadi besar, ehingga perbandingan kompresi menjadi rendah.
· Cocok digunakan untuk mesin putaran rendah dan jam kerja yang lama seperti pada mesin-mesin industry.
2. Over Head Valve (OHV)
· Katub ditempatkan diatas ruang bakar. Akibatnya ruang bakar kecil, sehingga didapat perbandingankompresi yang tinggi
3. Single Over Head Camshaft (satu camshaft) (SOHC)
· Camshaft ditempatkan di cylinder head sehingga dapat langsung menggerakkan rocker arm
· Kerja katup stabil walaupun pada ptaran tinggi
· Cocok untuk mesin yang bekerja pada putaran menengah hingga tinggi.
4. Double Over Head Camshaft (dua chamshaft) (DOHC)
· Katup masuk dan katip buang masing-masing digerakkan langsung oleh satu camsaft (jenis langsung)da juga yang menggunakan swim arm antara katup dan camshaft (jenis swim arm)
· Cocok untuk kendaraan sport kecepatan tinggi
· Ada kerja komponen yang bolak-balik seperti pushrut dan rocker arm,sehingga ketepatan kerja katup tidak stabil pada putaran tinggi.
· Cocok untuk mesin yang bekerja pada putaran rendah hingga menengah